Tokopedia memperkenalkan fitur baru yang ramah disabilitas

Tokopedia-memperkenalkan-fitur-baru-yang-ramah-disabilitas

Dalam rangka Hari Disabilitas Sedunia kemarin (3 Desember 2021), Tokopedia memperkenalkan fungsi voice-over. Fitur baru ini bertujuan agar aplikasi Tokopedia lebih mudah digunakan bagi para penyandang disabilitas, khususnya tunanetra.

Tokopedia memperkenalkan fitur baru yang ramah disabilitas

Tokopedia-memperkenalkan-fitur-baru-yang-ramah-disabilitas

“Kami berharap fitur ini akan membuat Tokopedia menjadi platform yang lebih inklusif dan memudahkan lebih banyak orang dari berbagai lapisan masyarakat, termasuk rekan difabel,” kata Ferico Samuel, engineering manager Tokopedia dan pengembang fitur tersebut.

Baca juga:
– Skilvul meluncurkan program beasiswa Can Ngoding untuk penyandang disabilitas
– Tokopedia mendukung penyandang disabilitas untuk tetap bekerja di masa pandemi, salut!
– Ayah merakit pengontrol Nintendo khusus untuk anak perempuan penyandang disabilitas
– Emoji baru Apple untuk penyandang disabilitas

Ferico juga menjelaskan bahwa hadirnya fitur ini tidak lepas dari kontribusi para difabel

yang juga pengguna Tokopedia: “Fitur voice over akan terus dikembangkan mengikuti kontribusi rekan-rekan difabel yang menggunakan Tokopedia agar selalu relevan dengan kebutuhan mereka.”

Salah satu pengguna tunanetra Tokopedia, Maria Hardono, mengatakan: “Fitur pengisi suara Tokopedia membantu saya dalam proses belanja online. Saya dapat mendengarkan ulasan produk dari pembeli lain, berbelanja dengan e-wallet, dan berpartisipasi dalam berbagai promosi dan pembelian langsung. ”

Penyandang tunanetra lainnya, pengguna dan pengusaha Tokopedia

, M. Reza Akbar, mengatakan: “Sejak menggunakan fitur voice over di Tokopedia, saya merasa menjadi lebih mandiri, terutama dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari dan lebih mudah untuk berbisnis dengan dan nyaman.”

Voice Over, fitur baru aplikasi Tokopedia, dapat diakses melalui sistem iOS dan dikembangkan lebih lanjut untuk semua jenis sistem smartphone, termasuk Android.
Tokopedia hadirkan fitur ramah disabilitas. (Tokopedia)
Tokopedia hadirkan fitur ramah disabilitas. (Tokopedia)

Presentasi ekosistem integratif
Didukung oleh GliaStudio

Tidak hanya itu, Tokopedia melalui Tokopedia Bersama juga fokus untuk memberdayakan kelompok difabel agar lebih mandiri secara sosial dan ekonomi. Misalnya dengan membuka saluran donasi, pelatihan keterampilan, akses pengembangan usaha dan masih banyak lagi.

Di sisi lain, Tokopedia yang kini menjadi rumah bagi lebih dari 6.000 Nakama (sebutan karyawan Tokopedia) terus membuka peluang bagi talenta terbaik, termasuk penyandang disabilitas, untuk berkolaborasi dan menciptakan berbagai inovasi digital.

Deva Prasetya Wibowo dan Shaleh Mahfud adalah contoh Nakama penyandang disabilitas di Tokopedia Care Yogyakarta yang bergabung di tahun 2019 dan konsisten berkontribusi untuk memudahkan masyarakat Indonesia melalui layanan pengguna 24/7.

“Rangkaian inisiatif Tokopedia bertujuan untuk memberikan solusi komprehensif yang dapat membantu masyarakat di Indonesia, khususnya rekan-rekan penyandang disabilitas, dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari untuk menciptakan peluang sekaligus #BangkitBersama memulihkan ekonomi yang terdampak pandemi,” pungkas Ferico.

Baca Juga :

https://satgascovidkabbogor.id
https://rsudsuka.co.id
https://dinkesokut.id
https://rsudsitiaisyah-lubuklinggau.co.id
https://lpmpjambi.id
https://lsp-poliban.id